jump to navigation

Tentang Cloud Computing October 6, 2008

Posted by Abdurahman in Opinion, technology.
Tags: , , , , , ,
trackback

Saya akan menuliskan posting berikut pada Bahasa Indonesia, karena nampaknya di Indonesia masih “awam” tentang konsep ini. Saya harapkan, tulisan saya akan sedikit mencerahkan pembaca, mengingat teknologi informasi saat ini akan berkembang ke arah sana.

Cloud Computing…Barang apa lagi itu??

Kalau diterjemahkan secara literal sih, maknanya komputasi awan, yang ada malah bikin bingung. Nah, penjelasan yang saya ambil dari berbagai sumber, maksudnya itu kegiatan komputasi yang dijalankan sebagaian besar di server. sedangkan klien hanya “menampilkan” hasilnya saja. Komputasi disini maknanya bukan hanya menghitung loh, bisa mengolah, menyimpan dan menghapus.

Nah, ini berarti kedepannya, kita enggak perlu lagi pakai komputer dengan spek yang cukup tinggi. Yang penting bisa dipasang sistem operasi, trus ada sambungan ke internet. Sudah, beres. Kita tetap bisa mengakses semua dokumen, lagu dan berbagai macam filenya secara online.

Misalnya, untuk meletakkan gambar ada Flickr, Picasa. Untuk lagu ada imeem, myspace dll. Sedangkan untuk mengolah dokumen sejauh yang saya tau ada google documents.

Ohh.. Okey, trus kapan kita bisa pakai?

Sebenarnya secara enggak sadar kita sudah gunakan kok. Contohnya ya wordpress ini, semua gambar dan tulisan kita kan berada di server si wordpress ini kan, dan kita bisa akses dimanapun, kapanpun selama masih ada listrik dan internet. Kalau anda punya e-mail online seperti Gmail, Yahoo! dsb, itu juga menggunakan konsep yang sama. Meskipun hanya sekadar e-mail.

Akan lebih terasa kalau pembaca sekalian pernah menggunakan Google Documents. Nah, coba bayangkan, ketika anda masuk ke akun anda di Google Documents, semua fitur Microsoft Office ada disitu. Anda mengetik dokumen secara online di browser anda trus bisa anda simpan, bagi bahkan anda bisa anda cetak. Semua anda lakukan secara online. Menarik Bukan?

Trus.. truss?

Nah, menurut artikel di Business Week(November, 2007), perusahaan-perusahaan raksasa seperti Microsoft, Google dan IBM sudah mulai melakukan riset dan investasi buat superkomputer untuk mendukung konsep ini. Hasilnya sudah mulai keliatan kok sekarang. Semakin banyak aktifitas yang bisa kita lakukan secara online.

Ada juga gosip yang mengatakan Google berambisi menjadikan Chrome sebagai Sistem operasi masa depan. Menggantikan sistem operasi yang kita pakai sekarang.

Hmm.. berarti bakal ada revolusi dunk?

Kalau revolusi sih sepertinya enggak.. Soalnya masih ada beberapa isu tentang keamanan data, privasi dan berbagai isu yang lain juga. Tapi hal ini lebih murah buat para pengembang piranti lunak. Selama ini, kalau ada kesalahan pada program, update akan diberikan secara berkala. Tentu hal ini sangat menjengkelkan bukan? Nah, kalau di konsep cloud computing, programnya bisa diupdate secara “on-the-fly”. User bahkan enggak perlu tau kalau ada kesalahan program, tiba-tiba sudah diperbaiki dan tentu saja lebih murah dari sisi bandwidth.

Akhir kata, semoga dengan kemajuan teknologi, kita juga bisa menangkap peluang apa yang ada disitu. Sehingga bisa digunakan untuk kebaikan bersama.๐Ÿ™‚

Comments»

1. shierlynikodemus - October 6, 2008

asik2…. tar laptop g ga dongo lage dunk man :p
semua uda di inet langsung, tinggal ambil dan mainkan….
tapi kalo di indo inetnya masih lemot gimana dunk???

itu gw percaya cuman masalah waktu aja…in my humble opinion infrastruktur kita suka ketinggalan beberapa taon dari negara-negara maju. tapi dari sisi SDM kita bisa cepet adaptasi kok, semoga.

2. parlin - October 6, 2008

wow,,,,,
awal baca tade sempat bingung…..
tapi,, akhirnya tau juga…..dan ngerti……

makasih bro…….info bagus neh…….
tuk sekedar nambah pengetahuan…:)

sama-sama, terima kasih sudah mampir๐Ÿ™‚
monggo mampir ke posting2 saya sebelumnya, banyak yang saya ambil dari sudut pandang berbeda dari blogger lain๐Ÿ™‚

3. yessymuchtar - October 6, 2008

heh..barang apa ituuu

barang baru mbak…

4. Artha - October 6, 2008

OoOoOoOoOoO
gitu yach… baru tahu saya, makasi infonya

5. thevemo - October 7, 2008

soal hak atas dokumen kita gimana pak?
Jika semua file kita di simpan di gudang para penyedia jasa penyimpanan

biasanya sih, mereka tidak bertanggung jawab soal isinya. Kalau yang gratisan sih pake EULA yang isinya mirip2 sama agreement operator seluler di indo. Mis:
“Penyedia akan memastikan yang terbaik dalam setiap layanannya, seandainya terdapat kelalaian/kerusakan. Penyedia tidak bertanggung jawab terhadap resiko yang mungkin timbul…..”

untuk lebih lengkapnya, cek user agreement google sebagai contoh.๐Ÿ™‚

6. odydasa - October 8, 2008

> Google berambisi menjadikan Chrome sebagai Sistem operasi masa depan

Maaf ya, setahuku, yang namanya OS (operating system/ sistem operasi) itu aplikasi yg menangani detail operasi hardware, seperti menangani I/O (input-output, termasuk keyboard, mouse, monitor, berbagai port, misalkan paralel, serial, USB, PCI, dll), penjadwalan (makanya kemudian ada multitasking), dan command interpreter (mulai dari jaman DOS ada prompt, atau di Linux ada bash, kemudian menerjemahkan perintah di yang berbasis GUI).
Chrome, sepertinya aplikasi yang berjalan di atas OS, dan bukan OS itu sendiri, karena ketiga fungsi di atas tidak ditangani Chrome secara langsung. Walaupun Chrome dapat dijalankan di berbagai platform maupun OS, tetapi tetap saja Chrome aplikasi non-OS.
CMIIW

anda tidak salah sama sekali,setidaknya untuk saat ini.

Namun rumor yang berkembang saat ini, karena Chrome sudah memiliki beberapa fitur OS seperti pembagian alokasi memori(untuk tiap2 halaman), multithread, bahkan mesin virtual.

“Today, most of what we use the Web for on a day-to-day basis aren’t just Web pages. They’re applications.”
Brian Rakowski – Google Product Manager

anda bisa bayangkan bahwa dengan linux minimal, chrome dengan aplikasi standard google lainnya seperti picasa,earth dan produk2 online google(mail, document,dll) sudah terisi di dalamnya. anda sudah bisa mengatakan itu sistem operasi bukan?
untuk lebih lanjut silahkan buka
http://www.odrakir.com/blog/2008/09/02/google-chrome-google-os-cornerstone/
http://www.microsoft-watch.com/content/web_services_browser/chrome_the_google_os.html

atau gunakan kata kunci “Chrome as OS” di search engine.

7. Office-14, It’s all on the web. « Rethinks! - October 21, 2008

[…] my previous post in Bahasa Indonesia, I already mentioning that Cloud Computing concept will be the next core-technology to Computer […]

8. apuy - April 13, 2009

jelasin dunk tentang cloud computing….

please……

Abdurahman - April 14, 2009

mau dijelasin apanya mas?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: